ASI (Air Susu Ibu)

ASI, ANUGRAH TERHEBAT UNTUK GENERASI HEBAT

Asi adalah ungkapan kasih sayang terbesar dari Tuhan untuk bayi yang terlahir di muka bumi.dengan memberikan ASI, berarti kita sudah memberikan hak hak bayi dan menyiapkan bayi menjadi generasi terbaik masa depan, karana kita tidak hanya memberikan kecukupan makanan bagi bayi, tetapi juga setiap waktu menstimulasi tumbuh kembang bayi dengan sentuhan dan belaian yang kita lakukan terhadap bayi setelah menyusui.
ASI bukan hanya sumber gizi yang terbaik, tetapi dapat menyelamatkan jiwa bayi pada bulan-bulan pertama yang rawan. Data UNICEF menyebutkan, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kelahiran dapat mencegah kematian sekitar 1,3 juta bayi di seluruh dunia tiap tahun.
berikan hanya ASI saja pada 6 bulan pertama bayi anda karena komposisinya dapat mencukupi 100% kebutuhan bayi.

KENAPA HARUS ASI??

  1. ASI diproduksi berdasarkan demand(permintaan si bayi tersebut).jika di ambil banyak, akan diberikan banyak.
  2. ASI dapat mengatur komposisi zat gizi yang di butuhkan bayi, baik dalam 6 bulan pertama sampai dua tahun petumbuhannya.
  3. ASI juga mengandung enzim pencernaan yang dibutuhkan bayi, sehingga ASI menjadi makanan separuh cerna,yang memudahkan bayi dalam  penyerapan gizi dalam tubuh bayi.
  4. pemberian asi juga dapat mngurangi resiko terkena alergi saluran nafas, cerna dan exim pada bayi dan anak.
  5. ASI mengandung antibodi (tidak dimiliki susu formula) sehingga bayi aman dari penyakit.
  6. ASI dapat mengoptimalkan perkembangan motorik dan intelektualitas bayi. Anak dengan ASI cenderung mempunyai IQ >9 point dari anak yang tidak mendapat ASI.
  7. ASI dapat sebagai sarana komunikasi sehingga memunculkan rsa nyaman bagi bayi dan percaya diri bagi ibu.

Ketika produsen susu formulasedang mengupayakan zat tambahan agar menyerupai ASI, tapi ASI tanpa tambahan apa-apa sudah memiliki fungsi dan komposisi yang sangat lengkap sesuai kebutuhan bayi manfaat bagi ibu, menyusui juga dapat mengurangi resiko ovarium, kanker payudara dan resiko osteoporosis.

BAGAIMANA CARA MEMBERIKAN ASI

  1. Letakkan kepala bayi pada pertengahan lengan bawah ibu.
  2. Pegang bagian belakang dan bahu bayi.
  3. Hadapkan seluruh bayi kebadan ibu.
  4. Lekatkan dada bayi pada dada ibu.
  5. Bayi datang dari arah bawah sehingga bayi menengadah, dagu bayi melekat pada payudara ibu.
  6. Jauhkan hidung bayi dari payudara, kepala bayi tidak terletak  di siku.
  7. Bahu dan lengan ibu tidak tegang dan dalam posisi alami.

INISIASI MENYUSUI DINI (IMD)

Inisiasi menyusui dini adalah proses pengenalan bayi pada menyusu. Cara paling tepat untuk menyusu dini adalah membiarkan bayi yang baru lahir mencari sendiri puting susu ibunya. Bayi diletakan di dada ibunya, dan secara naluri dia akan merangkak untuk menyusu dari payudara ibunya. Proses ini dapat dilakukan langsung dalam 30 menit pertama setelah bayi dilahirkan. Lama proses ini bervariasi pada bayi.

MANFAAT IMD
: Bayi yang dapat menyusu dini dapat mudah sekali menyusu kemudian sehingga kegagalan menyusui akan jauh berkurang pengisapan bayi pada payudara merangsang pelepasan hormon oksitosin sehingga membantu mengendalikan perdarahan.


ASI DAN IBU PEKERJA

Apabila anda bekerja, anda tidak perlu merasa khawatir karena tidak dapat memberikan ASI kepada buah hati anda. ASI bisa anda perah dan anda simpan,apakah dilemari pendingan maupun freezer, untuk kemudian nanti diberikan oleh pengasuh buah hati anda ketika anda sedang berada dikantor, Biasanya pilihan terbaik untuk membekukan ASI adalah didalam botol yang terbuat dari kaca karena komponen ASI di dalam kaca lebih awet/terlindung. Pilihan kedua adalah plastik keras dan jernih. kebanyakan ibu lebih menyukai botol yang terbuat dari plastik demikian juga halnya rumah sakit/klinik bersalin, karena plastik tidak mudah pecah. Botol tempat menyimpan sebaiknya memilki tutup yang kencang/rapat.
Menyimpan ASI didalam kantong susu bisa menimbulkan beberapa masalah.susu bisa menempel pada sisi kantong sehingga isi yang diberikan kepada bayi akan sedikit berkurang.Kantong susu juga lebih peka terhadap kontaminasi akibat kebocoran.
jika hendak memberikan kantong, sebaiknya digunakan 2 lapis kantong kemudia disimpan di dalam wadah plastik yang tertutup rapat,baru masukkan kedalam freezer. Hal ini akan mengurangi terjadinya robekan pada kantong. Pada saat menghangatkan, sebaiknya batas air tidak melebihi kantong sehingga air tidak masuk ke dalam kantong. Jika air yang digunakan untuk menghangatkan tampak berawan/keruh, berarti telah terjadi kebocoran dan ASI tersebut harus dibuang.

TABEL PENYIMPANAN ASI

Tempat penyimpanan Daya tahan Penyimpanan
Di udara terbuka/ Bebas 6 - 8 jam
Di Lemari Es (4 der C) 24 jam
Di Lemari pendingin(- 18 O C) 6 Bulan

PEMBERIAN ASI PERAS

Pemberian ASI Peras dapat di berikan dengan menggunakan cangkir atau sendok dan jangan diberikan dengan botol / dot karena akan menebabkan bingung puting.

  1. Ibu atau yang memberi minum bayi, duduk denga memangku bayi.
  2. Panggung bayi de pegang dengan memangku bayi.
  3. Cangkir diletakkan pada bibir bawah bayi
  4. Lidah bayi berada diatas pinggir cangkir dan biarkan bayi menghisap cangkir (saat cangkir dimiringkan)
  5. Beri sedikit waktu istirahat setiap menelan.

untuk informasi hub petugas kami di :
RSI Aisyiyah Malang
Jl.Sulawesi 16 Malang Telp (0341) 326773 (hunting)

Leave a Reply