Pemeriksaan Kehamilan Di Era Baru Untuk Ibu Hamil

MALANG–Dalam rangka Milad RSI Aisyiyah Malang ke-34, RSI Aisyiyah Malang menggelar sesi Knowledge Sharing bagi ibu hamil dan menyusui yang disiarkan secara Live melalui YouTube pada pagi tadi (2/9/2021). Narasumber dr. Minar Setyorini, Sp.OG spesialis Kebidanan Kandungan menjelaskan materi yang berjudul pemeriksaan kehamilan di era kebiasaan baru.

Bagi dr. Minar tujuan pemeriksaan kehamilan ini dapat mendeteksi dan mengatasi komplikasi selama hamil dan melahirkan selain itu mampu menjaga dan memelihara kesehatan fisik, mental, dan sosial seorang ibu dan bayi kemudian mempersiapkan persalinan dan perencanaan penanganan kemungkinan komplikasi setelah itu membantu mempersiapkan ibu untuk merawat diri saat nifas dan merawat bayi dengan baik.

“ANC atau pemeriksaan yang efektif adalah ketika penanganan oleh nakes yang berkompeten, persiapan persalinan dan penanganan komplikasi pada fasilitas yang memadai, meningkatkan kesadaran akan hidup sehat dan mencegah penyakit yang bisa terjadi, kemudian deteksi dini penyakit dan tatalaksana komplikasi, dan persiapan kehamilan selanjutnya atau kontrasepsi,” ujar dr.Minar

Lebih lanjut, dalam pemeriksaan kehamilan dimasa sekarang dengan yang dulu, dr. Minar mengatakan ada beberapa perbedaan seperti protokol kesehatan seperti penerapan 5M (memakai masker, menjauhi kerumunan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membatasi interaksi), alur skrining pasien pada  fasilitas , berkembangnya telemedicine dan vaksinasi C19 utk ibu hamil.

“Untuk ibu hamil yang isoman harus diperhatikan betul seperti mengukur dan mencatat suhu tubuh setiap hari kemudian konsumsi makanan bergizi sampai harus mengisi logbook harian untuk catatan ketika pemeriksaan nantinya.

Sejak tgl 2 Agustus 2021 juga terbit rekomendasi vaksinasi C19 untuk ibu hamil yang diberikan mulai usia kehamilan 13 minggu sampai cukup bulan, dianjurkan menggunakan Pfizer, Moderna, dan Sinovac, tergantung ketersediannya di fasilitas kesehatan” tandasnya.

Dalam sesi akhir pembicaraanya, dr. Minar menyebutkan dalam situasi pandemi ini rumah sakit manapun akan melakukan terobosan baru apalagi untuk ibu hamil, dimana intinya pelayanan antenatal di era kebiasaan baru ini diselenggarakan dengan mempertimbangkan pencegahan penularan covid-19 bagi ibu, bayi, maupun tenaga kesehatan.(humas rsia)

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

one − one =