Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Ngopi RSI Aisyiyah Malang, Budayakan Mencuci Tangan Awal Kesehatan

MALANG– Dalam rangka memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia, RSI Aisyiyah Malang membahas cuci tangan pakai sabun  dalam acara Ngobrol Pintar disingkat Ngopi secara langsung di instagram pagi tadi (15/10/2021). Emmalia Imsamawati, S.Kep, Ners, sebagai pembicara menjelaskan pentingnya cuci tangan pakai sabun terutama di masa pandemi ini.

Dijelaskan, Emmalia alasan cuci tangan pakai sabun akan menurunkan presentasi orang terserang penyakit sampai meninggal, seperti orang diare bisa menurun prosentase terjadinya meninggal dan masih banyak lagi. Karena pada umumnya cuci tangan sudah menjadi nilai umum semua orang dalam melaksanan aktifitasnya.

“Seperti kita makan di warung kan sudah umum cuci tangan, itu sebenarnya sederhana tapi itu penting dalam pengendalian infeksi. Dengan cuci tangan menggunakan sabun itu bisa mengurangi angka kematian pasien. Nah dari sinilah momentum pentingnya ada hari cuci tangan pakai sabun ini,” ujar Emmalia.

Emmalia mengaku untuk cuci tangan pada tahun ini dari kemenkes bertema “Masa depan kita di tangan kita, mari beraksi untuk gerakan cuci tangan pakai sabun itu bermanfaat bagi semua,” imbaunya.

Maksud bagi semua disini Emma mengajak masyarakat senantiasa membiasakan cuci tangan pakai sabun. Bahkan  kemenkes juga membuat tagline dalam perayaan ini yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun Budaya Kita.

Cuci tangan ini ada 2 macam, yang pertama menggunakan alkohol/handsanitizer dan yang kedua memakai sabun. Nah kenapa harus pakai sabun saat cuci tangan karena sabun sendiri ada unsur surfactan dengan fungsi mengurangi kuman kuman yang ada di tangan kita.

Dan yang paling penting adalah ketika cuci tangan harus ada pengeringan menggunakan handuk atau  tissue yang sekali pakai karena ketika tangan setelah dicuci dalam keadaan basah maka pactogen yang berada diudara bisa menempel kembali.

Dalam sesi akhir pembicaraannya, Emma mengatakan kesimpulan kali ini adalah perlu memang adanya mengingatkan bahwa cuci tangan itu penting. Memang membiasakan hal baru itu susah tetapi untuk hal yang benar harus diusahakan supaya bermanfaat sesuai dengan Kemenkes masa depan ada di tangan kita. Humas(*)

Simak lebih lengkapnya di video IGTV kami di link berikut ini :
https://www.instagram.com/tv/CVCJZs6p-ND/?utm_source=ig_web_copy_link

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

three × 4 =