9 Mitos Penyakit Kusta yang Perlu Diketahui!

1.    Tidak Bisa Disembuhkan

Faktanya, penyakit kusta bisa disembuhkan dengan menggunakan pengobatan antibiotik. Biasanya, pengobatan dilakukan selama 6-24 bulan dengan menggunakan Multidrug Therapy atau yang dikenal dengan MDT.

2.       Mudah Menular

Penyakit kusta tidak mudah menular. Faktanya, 95% orang dewasa sulit tertular penyakit kusta karena memiliki system kekebalan tubuh yang baik untuk melawan bakteri penyebab kusta.

3.       Penyakit Keturunan

Kusta bukan salah satu penyakit yang diturunkan melalui gen. Anggota keluarha dapat terkena penyakit kusta karena adanya kontak erat yang terjadi secara terus menerus.

4.       Hanya akan Menyerang Orang tua saja

Berdasarkan data dari Kemenkes RI tahun 2015, sebesar 8.9% kasus baru penyakit kusta diderita oleh anak-anak. Penyakit ini terlihat hanya diderita orang dewasa karena masa inkubasi yang cukup lama, sehingga keluhan baru muncul saat seseorang telah dewasa

5.       Akibat dosa atau kutukan

Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri tersebut tumbuh dengan lambat, sehingga penyakit Kusta bukan diakibatkan oleh perilaku seseorang ataupun kutukan.

6.       Penyakit orang miskin

Penyakit kusta mudah menyebar di pemukiman kumuh dan kurang gizi. Akan tetapi, penyakit kusta sangat mungkin diderita oleh seseorang yang mampu secara finansial, namun memiliki imun tubuh yang lemah.  

7.       Bukan penyakit yang serius.

Apabila tidak segera diobati, penyakit kusta dapat memicu beberapa komplikasi serius, contohnya kerusakan syaraf, berkurangnya fungsi pengelihatan, hingga cacat permanen di beberapa bagian tubuh

8.       Menyebabkan jari tangan dan kaki patah.

Kusta tidak langsung mengakibatkan jari tangan, jari kaki, atau anggota lain patah. Akan tetapi, peradangan yang parah dapat menyebabkan luka yang sulit diobati sehingga harus diamputasi.

9.       Pengidap kusta harus diisolasi & diasingkan.

Pengidap penyakit kusta yang sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik, dapat hidup dengan normal diantara keluarga, kerabat, dan berbaur dengan masyarakat

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

15 − two =