NgoPi RSI Aisyiyah Malang Bahas Lumpuh Pada Satu Sisi Wajah

 

 

MALANG– RSI Aisyiyah Kota Malang kembali mengadakan sesi ngobrol pintar alias NgoPi pada (11/3). Ngopi pada kesempatan kali ini membahas tentang kelumpuhan yang terjadi pada satu sisi wajah bisa kembali normal atau tidak.

Melalui narasumber dr. Yanies Prasetyaning Damantantri, Sp. N., spesialis neurologi mengaku sebelum melakukan penanganan pasien harus tahu betul penyebab dikarenakan kelumpuhan satu sisi pada wajah bisa disebabkan gangguan syaraf sentral maupun saraf tepi.

“Penyakit kelumpuhan separuh wajah  paling sering adalah penyakit bell’s palsy yang disebabkan kemungkinan besar dari infeksi virus herpes. Selain itu, penyebab lainnya kelainan bawaan sejak lahir seperti tulang dan bentuk wajah nya tidak simetris hingga sampai tumor di telinga tengah juga bisa menjadi penyebab kelumpuhan pada satu sisi wajah,” ujar dr.Yanies

Dokter spesialis neurologi RSI Aisyiyah Malang ini menjelaskan jika penyebab kelumpuhan wajah ini adalah penyakit stroke atau tumor maka penanganannya  adalah dengan mengobati penyakit primernya dan tidak lupa juga menilai derajat keparahan kerusakan syaraf wajah akibat stroke atau tumor itu.

“Maka dari itu untuk penanganannya sendiri tergantung dari penyebabnya apa, apabila penyebabnya kelainan saraf tepi seperti Bell’s palsy kemungkinan bisa sembuh sempurna apabila tidak terlambat penegakan diagnosis dan penanganan dengan obat dan kombinasi dengan fisioterapi secara rutin,” tandas dr. Yanies.

Lebih lanjut, dr. Yanies mengatakan untuk fisioterapis tidak hanya dilakukan di rumah sakit saja bisa juga dilakukan di rumah sendiri untuk mempercepat pulihnya kelumpuhan. Gerakan  mengangkat alis, menutup mata, bersiul, dan menggembungkan pipi secara rutin bisa dilakukan di rumah. Penyakit Bells palsy angka kesembuhannya mencapai 90% dalam waktu 2 minggu sampai 6 bulan. Karena itu diharapkan penegakkan diagnosis dan tatalaksana yang cepat dan tepat untuk mencegah timbulnya kecacatan.  (humas)

 

Simak lebih lengkapnya di video IGTV kami di link berikut ini :

https://www.instagram.com/tv/Ca8qQ0TpDgS/?utm_source=ig_web_copy_link

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

15 − ten =