NgoPi RSI Aisyiyah Malang: Bedah Masalah Wasir/Ambeien/Hemoroid

MALANG – NgoPi (Ngobrol Pintar) RSI Aisyiyah Kota Malang (RSIA) diadakan kembali pada (19/7) melalui Instagram RSIA. Ngopi kali ini membahas tentang Wasir dengan mengundang Dokter Spesialis Bedah Digestif, dr. Aries Budianto, Sp.B-KBD.

Wasir atau disebut juga dengan Ambeien atau Hemoroid merupakan pelebaran pembuluh darah dan melemahnya jaringan penyokong pada dinding rektum/anus. Dokter Aries menyampaikan bahwa bahwa ada beberapa indikasi seseorang mengalami Wasir yaitu pendarahan dari anus dan atau ada benjolan pada anus. Wasir memiliki dua jenis yaitu internal (di dalam tidak terlihat) dan eksternal (bisa terlihat).

Lanjut Dokter Aries, Wasir disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pertama yaitu adanya tekanan pada perut yang bisa disebabkan karena mengangkat barang berat ataupun penyakit hernia, prostat. Faktor selanjutnya yaitu terlalu banyak duduk, Dokter Aries menyarankan untuk merubah beberapa perilaku sehari – hari diantaranya berdiri setidaknya 5 menit setelah duduk selama 1 jam atau tidak perlu menggunakan remot TV agar tubuh dipaksa berjalan untuk mengganti saluran TV. Hal penting lainnya yang sudah menjadi kebiasaan adalah menjauhi kebiasaan duduk lama (ketika BAB) di kamar mandi.

Untuk mengatasi penyakit tersebut Dokter Aries menyarankan beberapa Langkah yang bisa diambil. Pertama adalah segera konsultasikan bisa ke dokter umum, atau dokter bedah umum, atau dokter bedah digestif untuk penanganan. Tidak semua wasir perlu dilakukan tindakan/operasi. Tindakan operasi menyesuaikan kasus yang dialami karena Wasir sendiri memiliki tingkatan atau grade mulai dari 1 sampai 4.

“jika masih dalam grade 1, 2 biasanya masih bisa melalui pengobatan” lengkap Dokter Aries.

Selain itu perlu diketahui kalau Wasir juga tidak selalu disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Wasir juga sering dialami oleh perempuan ketika sedang hamil karena ada beban di perut. Selain itu juga harus waspada jika ada pendarahan dari dubur terus berulang harus segera diperiksakan untuk menyingkirkan kemungkinan tumor. Dokter Aries mengatakan bahwa harus ada pencegahan di awal agar tidak menjadi lebih serius. Perlu perubahan gaya hidup untuk mencegah agar wasir tidak jatuh ke derajat lebih berat yaitu makan makanan tinggi serat buah dan sayur, banyak minum air putih, hindari aktivitas duduk atau berdiri terlalu lama, dan olahraga yang tidak mengangkat beban berat.

Menurut keterangan Dokter Aries, di RSIA sudah memiliki teknologi atau peralatan medis yang unggul untuk melakukan tindakan sehingga tidak perlu merasa khawatir. Banyak jenis tindakan yang bisa diambil dan tentunya dengan persetujuan pasien entah mau memilih pengobatan atau operasi. Jenis tindakan atau operasi yang tersedia antara lain rubber band ligation (mengikat karet), injeksi (memasukan cairan), stapler (mengencangkan jaringan) untuk wasir grade 3 dan 4. (humas)

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

11 + 12 =