RSI Aisyiyah Malang Hadirkan Mobile JKN Corner untuk Optimalisasi Aplikasi Mobile JKN

Malang- Pihak Rumah Sakit Islam (RSI) Aisyiyah Malang menghadirkan layanan Pojok Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk membantu masyarakat dalam memanfaatkan layanan Aplikasi Mobile JKN yang diluncurkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Unit Rawat Jalan RSI Aisyiyah Malang Muharami Rida Agus menyampaikan, pihaknya secara konsisten mengajak peserta Program JKN untuk mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN.

Hasil dari kolaborasi antara RSI Aisyiyah dengan BPJS Kesehatan Cabang Malang tersebut untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan.

“Adanya Aplikasi Mobile JKN ini sangat memudahkan pasien kami dalam mengambil nomor antrean. Peserta JKN yang memiliki rujukan bisa melakukan pendaftaran antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN,” ungkap Rida, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, layanan pendaftaran online melalui Aplikasi Mobile JKN dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Di mana para peserta JKN dapat secara bersamaan melakukan aktivitas yang lain untuk menunggu antrean ke fasilitas kesehatan.

“Tidak perlu mengantre dan terlalu lama menunggu juga di sini, waktu datangnya bisa diperkirakan sesuai dengan nomor antrean yang didapatkan, jadi lebih efisiensi waktu,” kata Rida.

Pihaknya menyebut, RSI Aisyiyah Malang saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi penggunaan Aplikasi Mobile JKN, salah satunya dengan adanya Pojok Mobile JKN Corner.

Melalui layanan Pojok Mobile JKN Corner ini, pegawai RSI Aisyiyah Malang akan membantu para peserta JKN untuk mengunduh dan melakukan aktivasi pada Aplikasi Mobile JKN melalui telepon genggam masing-masing peserta JKN.

Selain itu, RSI Aisyiyah Malang juga memberikan bantuan pulsa sebesar Rp 5 ribu bagi pasien peserta JKN yang tidak memiliki pulsa untuk registrasi Aplikasi Mobile JKN. Alhasil, dengan adanya Aplikasi Mobile JKN ini, tidak terjadi penumpukan antrean pasien di RSI Aisyiyah Malang.

Lebih lanjut, Rida menuturkan bahwa saat ini RSI Aisyiyah Malang menjadi tiga rumah sakit percontohan penggunaan layanan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN. Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk memaksimalkan penggunaan Aplikasi Mobile JKN.

“Kami akui bahwa adanya digitalisasi layanan melalui Aplikasi Mobile JKN ini sangat memudahkan pasien, apalagi hampir 90 persen pasien RSI Aisyiyah Malang merupakan peserta JKN,” terang Rida.

Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Malang Wenan Setyo Nugroho mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh RSI Aisyiyah Malang untuk optimalisasi layanan Aplikasi Mobile JKN.

“Kolaborasi ini merupakan kesempatan yang baik sekali untuk kami dalam memberikan informasi kepada masyarakat terkait penggunaan Aplikasi Mobile JKN,” kata Wenan.

Pihaknya pun mendorong bagi seluruh fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat melakukan hal yang sama atau bahkan lebih untuk optimalisasi layanan Aplikasi Mobile JKN.

Selain itu, pihaknya berharap agar seluruh peserta JKN dapat memanfaatkan layanan Aplikasi Mobile JKN. Pasalnya di dalam Aplikasi Mobile JKN berisi beragam layanan, termasuk di dalamnya layanan pendaftaran antrean online.

“Hal ini dapat meningkatkan mutu layanan yang diterima oleh peserta secara keseluruhan. Masyarakat yang belum memiliki Aplikasi Mobile JKN dapat mengunduh pada Play Store dan App store,” pungkas Wenan.

sumber: https://jatimtimes.com/baca/291471/20230622/071400/rsi-aisyiyah-malang-hadirkan-pojok-mobile-jkn-corner-untuk-optimalisasi-aplikasi-mobile-jkn

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × 5 =